Persyaratan, Cara Menghasilkan & Biaya Pembuatan

No Comments

Iklan

SIM B1 General – Indonesia menerapkan SIM (SIM) bagi publik untuk mengatur urusan bagian agar lebih tertib. Ada beberapa jenis izin dengan fungsi yang berbeda, serta SIM B1 Umum untuk driver khusus.

Lisensi pengemudi atau SIM adalah jaminan bagi seseorang jika ia dapat dikategorikan cocok untuk mengendarai kendaraan. Selain itu, ia juga harus lulus sejumlah tes yang diberlakukan ketika mengirimkan persyaratannya.

Berdasarkan Pasal 80 UU No. 22 tahun 2009 ada 5 jenis SIM individu, termasuk SIM A, SIM B1, SIM B2, SIM C dan SIM D. Adapun jenis umum yang diatur dalam pasal 82 UU No. 22 tahun 2009 dengan kategori SIM umum A, SIM B1 umum dan SIM B2 publik.

Setiap kategori memiliki kriteria untuk setiap kendaraan yang dapat dikendarai bersama dengan transportasi dalam bentuk penumpang dan barang di dalamnya. Secara umum persyaratan untuk mendapatkan SIM adalah sama, hanya beberapa kategori seperti usia adalah satu-satunya yang membedakannya.

Cara dan Ketentuan untuk Membuat SIM B1 Umum

Fungsi Umum SIM B1

Kategori umum B1 SIM ini memiliki kelebihan bagi Anda yang tidak memilikinya atau tidak akan berhasil. Dalam pengajuan juga ada syarat khusus, alias tidak bisa diajukan begitu saja. Sebagai pelamar harus memenuhi beberapa kriteria yang telah ditentukan.

Kemudian, jika merujuk pada pasal 82 UU No. 22 tahun 2009 menyatakan bahwa SIM B1 adalah umum untuk pengendara yang mengendarai mobil penumpang dan membawa barang publik dengan berat total yang diijinkan lebih dari 3.500 kg.

Jenis lisensi ini ditujukan untuk kendaraan menengah dan besar. Misalnya, bus dan gerbong barang digunakan untuk umum. Oleh karena itu, diperbolehkan untuk menimbang lebih dari 3.500 kg.

Persyaratan untuk Membuat SIM B1 Umum

Persyaratan yang diperlukan saat mengajukan SIM adalah rata-rata yang sama untuk semua jenis, satu-satunya perbedaan adalah usia. Untuk SIM B1 sendiri kategori umum, lihat artikel 81 ayat 2, 3, 4, dan 5 No. 22 tahun 2009 termasuk:

Memiliki usia minimum 22 tahun. Memiliki KTP (Kartu Identitas) Telah Mengisi Formulir Sidik Jari Kesehatan Fisik dan Spiritual berdasarkan sertifikat dari dokter. Lulus tes teoritis, praktis dan keterampilan

Kemudian, untuk mengurus lisensi B1 kategori umum ini di samping ketentuan di atas, ada tambahan sesuai dengan pasal 83 ayat (4) No. 22 tahun 2009, bahwa pemohon harus menyerahkan SIM A publik atau minimum B1 untuk satu tahun.

Keuntungan Memiliki SIM B1 Umum

Selain beberapa hal di atas, Anda juga akan mendapat manfaat jika Anda berhasil memiliki SIM B1 yang umum. Dimana setiap pengemudi tidak perlu repot mengurus banyak hal. Karena, itu akan berlaku untuk kendaraan yang sebelumnya menggunakan SIM A, A general dan B1.

Jadi, setelah memiliki jenis SIM ini, Anda tidak perlu lagi repot mengurus jenis lainnya. Karena, setiap jenis memiliki masa aktifnya sendiri. Maka ketika waktunya habis, itu harus diperpanjang. Nah, jika Anda sudah memiliki tipe B1 yang umum, maka cukup rentangkan yang ini.

Kecuali Anda seorang pengemudi kendaraan besar seperti trailer dan sebagainya. Jadi, ini berbeda, karena Anda harus memiliki lisensi dengan kategori B2 umum untuk mengendarainya.

Biaya pembuatan

Pada tahun 2019 kemarin, dalam mengajukan SIM, ada biaya administrasi yang harus ditanggung oleh pemohon. Setiap jenis akan memiliki tarif berbeda di mana itu adalah klasifikasi baru atau beragam.

Untuk tipe B1 umum, biaya administrasi adalah Rp 120.000. Sekarang, masing-masing surat ini juga memiliki masa tenggang, yang jika telah melewati batas waktu, harus diperpanjang jika tidak ingin ditilang ketika telah digerebek.

SIM B1 untuk kategori umum ini jika Anda ingin memperpanjang masa aktif atau masa berlaku, maka Anda harus membayar biaya administrasi sebesar Rp. 80.000. Ini juga berlaku jika surat atau kartu telah hilang atau rusak, yang pemohon dapat menerapkan pada tingkat yang sama.

Cara membuat SIM B1 Umum

Sejak 2014, kebijakan telah dikeluarkan dalam bentuk aplikasi SIM online. Jadi, ini akan memudahkan Anda yang berada di luar kota domisili, di mana tidak perlu terikat dengan asal kota seperti yang tercantum pada KTP.

Anda bisa mendaftar secara online melalui Satpas terdekat. Mereka telah terhubung satu sama lain di seluruh Indonesia. Jadi, Anda dapat mengajukan permohonan meskipun Anda tidak berada di kota asal Anda, dan sejumlah persyaratan ini juga akan dilakukan di sana.

Begitu juga dengan sistem pembayaran, di era yang serba canggih ini tidak akan sulit untuk hal-hal seperti ini. Jika mendaftar hanya dapat dilakukan secara online serta biaya administrasi, Anda dapat melakukan ini melalui teller di Satpas terdekat juga.

Selain itu, sebagai pelamar, ketika mengajukan permohonan SIM harus melalui beberapa prosedur seperti tes tertulis dan praktik. Jadi, dalam hal ini Anda harus berusaha mematuhi aturan yang ada.

Jika Anda gagal tes pertama, mungkin Anda harus belajar dan coba lagi. Wajar untuk pertama kali mengirim dan kemudian gagal. Meski begitu, itu masih lebih baik daripada memiliki sesuatu yang fatal terjadi di masa depan.

Nah, itu beberapa informasi yang terkait dengan syarat dan cara membuat SIM B1 yang umum. SIM ini memang berbeda dari SIM B1 biasa. Karena SIM didedikasikan untuk pengemudi yang mengendarai mobil untuk keperluan umum seperti bus dan mobil angkutan. Sekian informasi otomotifo.com pada kesempatan ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi.

More from our blog

See all posts

Leave a Comment