7 Penyebab dan Cara Memperbaiki Motor Handlebar Goyang / Tidak Stabil

No Comments

Iklan

Otomotifo.com – Stabilitas sepeda motor sangat dipengaruhi oleh kondisi stang. Jika stang motor goyang, itu akan mengganggu kenyamanan berkendara dan berisiko membahayakan keselamatan. Itulah sebabnya kita harus segera memperbaiki stang goyang sehingga dapat berkendara dengan stabil melalui berbagai medan jalan.

Ada beberapa penyebab goyangan stang motor yang harus diketahui. Dengan mengetahui penyebabnya, tentu saja kita bisa mengambil tindakan yang tepat untuk memperbaiki stang goyang. Sekarang untuk mencari tahu apa penyebabnya dan bagaimana cara memperbaikinya, silakan merujuk ke informasi otomotifo.com berikut.

1. Periksa Kondisi Ban

Salah satu penyebab guncangan stang adalah kondisi ban yang tidak rata atau gundul. Silakan periksa ban depan dan belakang, apakah kondisinya masih cocok untuk digunakan atau tidak. Ketika sudah botak, kami sarankan untuk segera mengganti ban sesuai dengan ukuran roda dan ukuran ban standar.

Ukuran ban juga sangat berpengaruh terhadap stabilitas motor. Jika ukurannya terlalu kecil, seperti ban cacing, itu akan mengganggu stabilitas stang saat melewati gundukan atau ke samping. Selain itu, pastikan tekanan anggunnya tepat sehingga tidak mendatar.

2. Tekan roda saat ditekuk

Stabilitas sepeda motor terkait erat dengan roda. Jika roda bengkok atau retak, secara otomatis membuat stang bergetar ketika digunakan untuk mengemudi. Untuk mengetahui kondisi roda sangat mudah. Masbro hanya perlu memutar roda dan memperhatikan gerakan roda. Jika ada shake, berarti ada bagian velg yang sudah bengkok.

Lebih baik cepat ganti roda lama dengan roda baru. Masbro dapat membeli roda Rossi atau roda TDR yang kualitasnya telah terbukti. Tetapi jika tidak ada uang untuk membeli roda baru, maka kami sarankan untuk pergi ke pelek roda pers sehingga bagian yang bengkok dapat kembali normal.

3. Meningkatkan komentar

Jika kondisi ban dan roda masih bagus, maka kemungkinan penyebab stang goyang karena masalah di bagian kompresor. Komstir sendiri berfungsi agar motor bisa belok kanan dan kiri sehingga stang bisa bergerak. Sekarang jika controller rusak, itu akan secara otomatis membuat stang bergetar.

Cara memperbaiki stang motor goyang bisa dengan mengganti mangkuk dan bola besi di komstir. Biasanya komponen ini dipakai karena pemakaiannya yang sangat lama. Akibatnya komstir akan terasa miring dan stang akan dipindahkan untuk membuat motor kehilangan stabilitas.

4. Mengganti Bantalan Roda

Selain masalah dengan ban dan kaki, penyebab guncangan stang adalah kerusakan pada bantalan roda. Bantalan itu sendiri berfungsi untuk menjaga gandar tidak bergesekan dengan roda rumah. Selain itu, bearing memiliki fungsi untuk menjaga stabilitas putaran roda, sehingga motor dapat dikendarai secara stabil.

Di dalam bantalan adalah bantalan bola bundar yang dapat pecah kapan saja. Sekarang jika bantalan peluru rusak, maka kestabilan roda terganggu dan membuat stang bergetar. Untuk memeriksa kerusakan, kita hanya perlu mengguncang roda ke kanan dan kiri. Sekarang jika roda terasa miring, maka bisa dipastikan penyebab goyangan stang adalah kerusakan pada bantalan.

Bantalan yang sudah rusak akan sulit diperbaiki. Setidaknya Anda harus membeli bantalan baru. Selain itu harga bantalan motor cukup terjangkau, sehingga tidak masalah asalkan motor kembali stabil dan nyaman dikendarai.

5. Periksa Kondisi Shockbreaker

Banyak orang yang tidak tahu bahwa fungsi utama Shockbreaker adalah menjaga stabilitas motor saat berakselerasi. Fungsinya memang sangat penting, jadi jangan sampai rusak. Apalagi jika posisi shockbreaker tidak akurat atau tidak lurus, tentu akan mengganggu stabilitas motor, terutama saat menikung.

Kerusakan shockbreaker inilah yang membuat stang tidak stabil dan terasa goyang. Kita harus segera memperbaikinya sehingga motor kembali stabil dan nyaman dikendarai. Silahka Masbro membawa shockbreaker yang rusak ke bengkel kaki terdekat. Mungkin kerusakan terjadi karena bantalan shockbreaker yang rusak atau masalah lainnya.

6. Periksa Segitiga Handlebar

Cara selanjutnya untuk mengatasi goyangan stang adalah dengan memeriksa segitiga stang. Karena komponen-komponen ini berfungsi untuk menghubungkan antara stang dan peredam kejut. Sekarang jika posisi shockbreaker kanan dan kiri yang ditempatkan pada segitiga stang tidak tepat, itu akan membuat stang goyang.

Penyebab masalah di atas bukan karena shockbreaker, melainkan segitiga dari pegangan stang yang tidak paralel. Untuk mengatasi masalah ini, Masbro harus datang ke pers agar posisi segitiga stang kembali tepat.

7. Pergi ke Workshop

Pergi ke garasi adalah solusi paling tepat untuk memperbaiki stang goyang. Tapi sebelum pergi ke bengkel, Masbro harus mencari tahu apa penyebabnya. Selain itu, pilih bengkel terpercaya dan berpengalaman dalam memperbaiki stang goyang.

Sekarang, informasi singkat tentang cara menangani dan memperbaiki stang goyang. Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi orang yang mengalami masalah dengan setir sepeda motor.

More from our blog

See all posts

Leave a Comment