6 Penyebab Pelumasan Oli Motor dan Cara Mengatasinya

No Comments

Iklan

Penyebab Penipisan Oli Motor Cepat – Minyak adalah cairan yang memainkan peran penting dalam kendaraan. Oli mesin adalah salah satu bagian terpenting, karena mendukung pekerjaan mesin yang tugasnya melumasi setiap komponen mesin. Jika sepeda motor Anda memiliki masalah oli, itu harus segera diperbaiki sehingga masalah yang muncul tidak menyebar ke komponen lain.

Peran oli memang sangat penting untuk menjaga performa motor. Namun tidak jarang oli motor cepat habis karena beberapa masalah yang secara otomatis akan mengganggu kenyamanan dan performa kendaraan.

Jika dibandingkan dengan makhluk hidup, minyak berfungsi sama dengan sirkulasi kesadaran darah manusia. Bisa dibayangkan, minyak adalah darah manusia, maka pompa minyak bertindak sebagai jantung dan filter oli atau filter oli adalah paru-paru atau ginjal.

Dengan analogi di atas, maka dapat kita bayangkan masalah apa yang akan muncul karena oli motor habis dengan cepat. Untuk itu kita harus memperhatikan kondisi oli agar terhindar dari masalah kehabisan oli mesin. Oli motor yang cepat habis tentu ada penyebabnya, dan untuk mengetahui penyebab oli motor cepat habis, silakan lihat di bawah ini.

1. Segel Katup Rusak

Segel katup ini memiliki keberadaan pada koneksi pada motor mesin. Bawa segel untuk memastikannya dalam kondisi lambat, jangan biarkan segel ini rusak atau sobek. Ketika segel rusak, ada kemungkinan besar akan terjadi masalah dalam kebocoran minyak. Seiring waktu, seal yang rusak juga dapat menyebabkan oli engine tak berujung pada kendaraan Anda.

Cara melihat kondisi seal Anda mengalami masalah, Anda bisa melihat koneksi mesin yang sealnya. Jika ada rembesan, maka segel motor Anda mengalami kebocoran. Untuk menghindari masalah ini, Anda harus mengganti segel dengan yang baru. Untuk mengganti Anda harus menurunkan mesin kendaraan.

2. Oli Mesin Ganti Akhir

Cara kedua untuk berurusan dengan kehabisan oli mesin pada kendaraan Anda mungkin tampak sepele, tetapi metode ini memiliki banyak manfaat jika dilakukan secara rutin. Bagi Anda yang jarang mengganti oli mesin, bisa merusak komponen mesin kendaraan dan bahkan bisa mengeluarkan asap di knalpot.

Jika Anda ingin menggunakan kendaraan dalam performa yang baik dan menjaga agar komponen mesin tetap maksimal, Anda harus mengganti oli setiap penggunaan 2500 hingga 3000 km.

3. Penggunaan Minyak yang Tidak Benar

Untuk menghindari masalah dari komponen mesin sehingga tidak rusak, Anda harus memilih oli yang cocok untuk mesin Anda. Cara memilih oli yang tepat, jangan pilih oli yang terlalu tebal atau oli yang terlalu encer. Penggunaan oli yang terlalu tebal atau bahkan terlalu cair, bisa menyebabkan oli keluar dari knalpot. Ini, tentu saja, adalah salah satu alasan bahwa oli motor habis dengan cepat

Demi kebaikan sepeda motor Anda, pilih oli mesin yang sesuai dengan spesifikasi mesin atau oli dengan standar pabrikan. Perlu diperhatikan, jika Anda ingin mengganti oli mesin sepeda motor Anda, pilih jenis oli sesuai dengan kebutuhan kendaraan Anda. Untuk mengetahui jenis oli apa yang cocok untuk sepeda motor Anda, baca manual yang dikeluarkan oleh masing-masing pabrikan.

4. Cincin Aus Piston

Penyebab oli motor cepat habis berikutnya adalah karena masalah dengan ring piston yang aus. Jika, ring piston aus segera periksa bagian itu. Sebenarnya kerusakan pada ring piston bisa dihindari dengan perawatan rutin dan pembersihan mesin.

Penyebab cincin piston yang aus adalah pelumas oli mesin dalam silinder tidak akan sepenuhnya tersapu. Masalah ini tidak hanya menyebabkan oli motor habis dengan cepat, tetapi juga dapat merusak komponen mesin lainnya.

Tidak hanya ring piston yang rusak dapat menyebabkan oli mesin cepat habis. Namun, kesalahan memasang ring piston juga bisa membuat oli mesin motor terus berkurang seiring waktu. Selain itu, pemasangan ring piston yang tidak tepat dapat mencegah campuran oli terbakar sepenuhnya.

5. Oli Mesin Penguapan

Bentuk minyak itu sendiri adalah cair, tetapi ketika minyak terkena panas itu bisa menguap. Terjadinya minyak menguap, biasanya ditemukan kemacetan di tengah jalan. Suhu yang terkandung dalam selai biasanya memiliki suhu yang cukup tinggi sehingga terjadi penguapan minyak. Cara mengatasi penyebab oli motor cepat habis sangat mudah, karena Anda hanya perlu memanaskan motor secara teratur sebelum mengemudi.

6. Penggunaan Hati-hati

Tidak dapat diharapkan ya bro, ketika membawa kendaraan dengan kecerobohan yang tidak sopan akan membuat motor Anda kehabisan minyak. Sepeda motor bermotor atau penggunaan kendaraan yang tidak teratur dapat membuat oli cepat habis pada mesin kendaraan Anda.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, kami sarankan mengendarai sepeda motor secara normal sehingga oli tidak cepat panas dan menghindari penguapan oli yang dari waktu ke waktu membuat oli habis dengan cepat.

Seperti yang Anda lihat di atas, ada banyak penyebab oli motor cepat habis. Sebenarnya, kita semua bisa menghindari masalah kehabisan oli mesin ketika melakukan perawatan rutin untuk menjaga kondisi setiap komponen mesin. Nah, itu semua informasi di Automotiveo.com kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi.

More from our blog

See all posts

Leave a Comment