5 Penyebab Mobil Matic Tersentak: Karena Cara Mengatasinya

No Comments

Iklan

Otomotifo.com – Pernahkah Anda mengalami masalah dengan lari cepat otomatis? Mobil matic yang menyentak itu belum tentu kondisi mobilnya mengalami kerusakan parah. Tetapi ada beberapa hal yang harus Anda periksa terlebih dahulu sebelum menggantinya, apakah itu di bagian oli Natic, memeriksa data komputer dan lain-lain.

Biasanya hal-hal yang terjadi pada mobil brengsek itu terjadi karena hal-hal sepele. Tetapi karena Anda panik dan khawatir, Anda segera mengambil tindakan untuk memperbaikinya di bengkel. Penyebab mobil otomatis yang tersentak dapat terjadi karena hal-hal berikut.

1. Minyak Matic Kotor

Penyebab pertama yang bisa membuat mobil Anda brengsek biasanya terjadi karena oli kotor. Itu disebabkan oleh komponen di dalam mobil yang terus bergerak, mengakibatkan mobil Anda tiba-tiba menyentak. Biasanya mobil Anda akan mengalami perpindahan gigi otomatis.

Selain itu, cara kerja mobil transmisi ini menggunakan sistem hidrolik. Sehingga transmisi yang bekerja pada mobil otomatis ini hanya mengandalkan kontrol yang menggunakan oli otomatis. Akibat dari kondisi oli yang rusak atau kotor dapat menyebabkan mobil Anda menyentak sendiri.

2. Masalah dengan AT Solenoid

Penyebab berikutnya menyentak mobil otomatis adalah AT Solenoid bermasalah. Perlu Anda ketahui, AT Solenoid adalah salah satu komponen yang bekerja secara elektrik yang bekerja berdasarkan perintah TCM (Transmission Control Module).

AT Solenoid digunakan untuk mengatur aliran oli di dalam mobil dengan mengaktifkan beberapa komponen gerak AT seperti Rem dan Kopling. Jika AT Solenoid memiliki masalah, maka aliran oli di dalam mobil menjadi terganggu. Itulah yang membuat mobil otomatis Anda tersentak.

3. Komponen Kopling dan Rem AUS

Penyebab mobil menyentak otomatis yang berikutnya adalah komponen Brake dan Clutch AUS. Komponen Kopling dan Rem adalah salah satu komponen terpenting dalam mobil otomatis. Komponen terdiri dari susunan pelat kopling basah. Keduanya bekerja saling bergesekan.

Jika komponen pada Kopling dan Rem AUS, maka kondisi kopling ini menjadi terganggu. Keduanya tidak dapat dihubungkan dengan lancar, sehingga dapat menyebabkan mobil Anda menyentak sendiri. Untuk itu, Anda harus memperhatikan kedua komponen ini agar tidak AUS.

4. Komponen Listrik Bermasalah

Komponen listrik yang bermasalah juga bisa menyebabkan mobil brengsek. Seperti yang Anda tahu, mobil saat ini menggunakan sistem kontrol listrik. Sistem ini sering disebut sebagai TCM (Modul Kontrol Transmisi).

Sistem tersebut meliputi komponen transmisi komputer, sensor, dan aktuator yang dapat mengontrol cara kerja Kopling dan Rem AT dengan bantuan sistem tekanan hidrolik. Jika salah satu komponen sistem kelistrikan memiliki masalah, maka mobil Anda dapat mengalami gangguan menyentak.

5. Tuning Kabel Kickdown Akselerator Salah

Penyebab berikutnya dari mobil yang menyentak juga bisa karena penyesuaian yang tidak tepat dari kabel Accelerator Kickdown. Kabel Accelerator Kickdown sering terlihat di mobil tua, karena mobil saat ini tidak lagi menggunakan kabel jenis ini.

Pemasangan kabel Accelerator Kickdown ini biasanya terletak di throttle valve yang disatukan oleh satu bagian dengan kabel gas pedal gas. Jika penyesuaian kabel tidak benar, maka mobil Anda dapat mengalami kendala menyentak dengan sendirinya.

Demikian beberapa informasi tentang penyebab menyentak matic otomatis. Semoga informasi yang kami sampaikan di atas bermanfaat dan dapat menjadi pembelajaran bagi Anda semua teman, terima kasih.

More from our blog

See all posts

Leave a Comment