15 Cara Merawat Injeksi Motor Matic dan Karburator Agar Tahan Lama

No Comments

Iklan

Cara Merawat Motor Matic – Pemeliharaan sepeda motor harus dilakukan secara teratur agar kondisi motor selalu terjaga. Ini juga berlaku untuk mesin injeksi matic atau karburator. Perawatan motor juga tidak jauh berbeda dengan motor atau motor sport. Di mana kita harus selalu melakukan perawatan rutin untuk mencegah kerusakan yang tidak dingin.

Semua orang pasti menginginkan motornya nyaman dikendarai dan terhindar dari kerusakan mesin atau bagian lain. Karena itu, kita harus merawat motor secara teratur. Namun sayangnya masih banyak orang yang cuek dengan kondisi motornya, sehingga sering hanya meninggalkannya tanpa melakukan perawatan.

Toh, cara merawat sepeda motor matic cukup mudah dan biayanya tidak terlalu besar. Sebaliknya, kita hanya perlu uang untuk membeli minyak atau mengganti beberapa komponen yang telah rusak karena masa manfaatnya sudah habis. Nah, semua komponen motor harus seumur hidup. Jika usianya terlalu tua, harus diganti dengan yang baru.

Untuk motor matic yang belum pernah dirawat, tentu komponennya akan cepat rusak. Bahkan beberapa komponen harus diganti sebelum masa manfaatnya habis. Untuk menghindarinya, lebih baik kita luangkan waktu sejenak untuk melakukan perawatan rutin pada moto yang kita miliki. Lalu bagaimana cara merawat motor yang tepat? Sekarang untuk mengetahui caranya, silakan merujuk di bawah ini

1. Ganti Oli Secara Berkala

Mengganti oli secara teratur adalah kewajiban semua pemilik sepeda motor, termasuk motor injeksi dan karburator. Tujuannya untuk menjaga komponen mesin dari korosi dan keausan, sehingga motor nyaman dikendarai. Selain itu, penggantian oli juga mencegah engine dari panas berlebih yang dapat menyebabkan kerusakan pada komponen mesin dan membuat konsumsi bahan bakar lebih boros.

2. Memilih Minyak Matic Yang Tepat

Ada banyak pilihan oli sepeda motor terbaik di Indonesia, seperti yang dibuat oleh Motul, Federal, Yamalube, Shell Advance Scooter, dll. Setiap jenis oli memiliki karakteristik berbeda yang harus disesuaikan dengan spesifikasi sepeda motor yang dimiliki. Masbro harus memilih oli dengan tingkat ketebalan yang tepat sesuai anjuran masing-masing produsen. Itu artinya kita tidak boleh sembarangan memilih oli, karena sangat memengaruhi kinerja dan kesehatan mesin.

3. Pemanasan Mesin Secara Rutin di Pagi Hari

Tujuan memanaskan mesin bermotor adalah agar oli mencapai suhu optimal dalam melumasi semua bagian mesin sehingga semua komponen mesin dapat bekerja secara optimal. Masbro hanya membutuhkan waktu sekitar 5-10 menit hingga akhirnya sepeda motor siap digunakan. Jika cara merawat motor matic ini tidak dilakukan, maka bisa mengakibatkan motor menjadi brebet dan terasa kurang bertenaga.

4. Jangan Kehabisan Bensin

Banyak orang beranggapan bahwa kehabisan gas akan membuat injeksi otomatis rusak. Sebenarnya anggapan itu adalah kesalahan besar, karena kehabisan bensin tidak akan mempengaruhi apa pun pada kesehatan mesin. Tetapi itu membantu kita untuk tidak kehabisan bensin yang secara otomatis membuat sepeda motor mogok atau tidak dapat dihidupkan.

5. Periksa Kondisi Vanbelt dan Roller

Sepeda motor matic perlu Vanbelt untuk menghubungkan mesin ke roda. Vanbelt terbuat dari karet yang dapat pecah kapan saja karena diberi makan berdasarkan usia. Masa hidup Vanbelt sekitar 20.000 hingga 25.000 km. Jadi jika Anda telah melewatinya, maka cara terbaik untuk merawat sepeda motor Anda adalah dengan mengganti Vanbelt. Selain itu, jangan periksa kondisi roller dalam satu bagian dengan Vanbelt.

6. Menggunakan Bahan Bakar Berkualitas

Cara selanjutnya untuk merawat sepeda motor adalah dengan menggunakan bahan berkualitas tinggi. Masbro harus menggunakan bahan bakar dengan tingkat oktan sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Semakin tinggi tingkat oktan atau ron bahan bakar, semakin baik kualitasnya. Namun bagi pengguna sepeda motor otomatis 150cc kebawah, maka menggunakan Pertalite atau Pertamax sudah lebih dari cukup. Sedangkan untuk motor matic 250cc ke atas, kami sarankan menggunakan Pertamax atau Pertamax Turbo.

7. Mengganti Oli Shockbreaker

Sepeda motor Kenyamanam sangat bergantung pada shockbeaker. Jika shockbreaker tidak pernah dirawat, maka minyak di dalamnya akan mengering, sehingga shockbreaker terasa keras dan kurang empuk. Karena itulah kami menyarankan untuk mengganti oli kejut motor setiap 10.000 km sehingga kondisi peredam kejut selalu terjaga. Selain itu, Anda juga dapat mengganti kejutan standar dengan kejutan kualitas yang lebih banyak, seperti yang dibuat oleh Ohlins atau YSS.

8. Menggunakan Nitrogen

Pemeliharaan bagian ban juga sangat penting. Jika ban gundul, harus segera diganti. Selain itu, kami merekomendasikan penggunaan Nitrogen untuk membuat angin di dalam ban lebih stabil. Karena partikel molekul pada nitrogen lebih besar dari angin biasa, membuat ban tidak mudah kempes.

9. Rawat baterai

Kami merasa bahwa semua pemilik sepeda motor telah mengalami baterai atau baterai jatuh. Ada banyak faktor yang menyebabkan kerusakan baterai, seperti penggunaan aksesori yang berlebihan, lebih sedikit air baterai, hingga baterai menjadi tua. Agar kondisi baterai selalu terjaga, maka Masbo harus selalu memeriksa kondisi baterai. Kami juga merekomendasikan pengurangan penggunaan aksesori yang terkait dengan sistem kelistrikan, seperti klakson, lampu projie, dll.

10. Memacu Motor Pada Kecepatan Stabil

Terlalu sering memacu sepeda motor pada kecepatan tinggi, tentu saja akan sangat mempengaruhi kesehatan komponen mesin. Karena komponen mesin akan bekerja terlalu keras untuk menghasilkan akselerasi maksimal. Apalagi jika kecepatan mengemudi tidak stabil, tentu saja dapat merusak mesin dan sepeda motor vanbelt. Jadi cara terbaik untuk merawat sepeda motor adalah dengan menstabilkan kecepatan gas sehingga komponen mesin tidak bekerja terlalu ekstra.

11. Hindari Membawa Beban Berlebihan

Setiap pabrikan memberikan batas beban maksimum yang dapat diangkut dengan sepeda motor. Jika Anda membawa terlalu banyak beban, ini dapat menyebabkan kerusakan pada shockbreaker dan membuat mesin bekerja terlalu ekstra. Itulah sebabnya kami menyarankan untuk menghindari membawa terlalu banyak berat yang melebihi batas maksimum yang direkomendasikan oleh masing-masing pabrikan.

11. Jangan Hit Floods

Sering kali sepeda motor rusak karena knalpot dari air. Biasanya ini terjadi pada sepeda motor yang melewati jalan banjir. Berkaca pada hal itu, cara paling tepat untuk merawat sepeda motor adalah menghindari jalan yang banjir. Jika Anda terpaksa melewatinya, maka pilihlah jalan di mana banjir tidak mencapai batas lubang buang.

12. Layanan Rutin di Workshop

Dengan servis secara teratur, kita bisa mengetahui semua kondisi sepeda motor, sehingga kita bisa tahu jika ada bagian motor yang rusak. Biasanya layanan rutin meliputi penggantian oli, pemeriksaan karburator, hingga ketinggian injeksi. Kami sendiri menyarankan agar layanan rutin dioperasikan secara resmi, sehingga Anda dapat membeli suku cadang asli jika seseorang perlu diganti.

13. Rajin Cuci Motor

Ada yang mengatakan bahwa Kebersihan Dasar Kesehatan. Nah, perkataan itu benar. Karena motor matic yang selalu dicuci akan terhindar dari kotoran yang jika dibiarkan saja bisa menimbulkan karat.

14. Menggunakan Suku Cadang Asli

Kualitas suku cadang sangat berpengaruh dari merek. Kami sendiri lebih suka menggunakan suku cadang asli yang disediakan oleh masing-masing produsen. Karena kualitas suku cadang asli pasti sangat bagus dan sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh masing-masing produsen. Meski dari segi harga sedikit lebih mahal, tetapi akan sebanding dengan kualitas yang didapat.

15. Pertahankan Tekanan Ban

Selain menggunakan nitrogen, salah satu cara untuk merawat motor injeksi otomatis dan karburator adalah dengan mempertahankan tekanan ban. Jangan biarkan sepeda motor mengendarai dalam kondisi ban kencang, karena dapat merusak roda dan membuat sepeda motor kurang nyaman untuk dikendarai.

Kesimpulan

Sekarang itulah berbagai cara untuk merawat sepeda motor atau karburator injeksi matic sehingga sepeda motor tetap nyaman dan tahan lama. Bisa dikatakan pemeliharaan sepeda motor matic itu mudah dan sulit. Yang terpenting adalah kita harus melakukan perawatan rutin untuk mengetahui kondisi setiap komponen motor, mulai dari kaki, mesin, bodi, baterai, ban, dan berbagai komponen lainnya.

Dengan perawatan rutin, tentu saja kondisi motor akan selalu dijaga yang secara otomatis membuat motor matic lebih nyaman dikendarai tanpa perlu mengalami masalah kerusakan yang seringkali membutuhkan anggaran yang cukup besar. Nah cukup informasi tentang cara merawat motor injeksi matic dan karburator kali ini, semoga tips otomotif di atas bermanfaat bagi pengunjung otomotif

More from our blog

See all posts

Leave a Comment